PIKIRAN RAKYAT – Pemerintah Provinsi Jawa Barat resmi mengumumkan untuk sekolah mulai tingkat PAUD hingga SMA/SMK selama dua pekan kedepan atau mulai Senin 16 Maret 2020 siswa belajar di rumah dan masuk kembali pada Senin 30 Maret 2020 mendatang.

Tak hanya pelajar, pemprov pun mengimbau agar Perguruan tinggi pun melakukan hal yang sama.

“Kami kordinasi dengan sekda dan kepala daerah, terkait sekolah di rumah. Kami umumkan sekarang, tidak kemarin.

Kami konsepnya bukan libur tapi bersekolah di rumah,”ucap Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat dalam jumpa persnya di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu 15 Maret 2020.

Menurut Ridwan, pihaknya telah menyiapkan kurikulum khusus untuk siswa yang belajar di rumah. Pada pekan pertama siswa diminta belajar tentang virus Corona dengan interaktif maupun teknologi.

“Belajar di rumah dengan PR, tayangan jawab sama guru sehingga anak-anak ini jadi agen edukasi. Disiplin di jam sekolah untuk belajar dengan tugas yang dipandu guru yang disediakan oleh kadisdik,” kata Ridwan.

Dia mengapresiasi dengan kepala daerah, walikota maupun bupati yang sudah mengumumkan belajar di rumah. Di antaranya Depok, Bekasi, Kota Bandung, dan Karawang.

“Sekarang dipertegas diumumkan untuk PAUD, TK, SD, SMP, SMA/SMK belajar di rumah, dan Perguruan tinggi pun diimbau. Tapi khusus level sekolah jadi agen edukasi jadi tugas-tugas di rumah bisa dijadikan edukatif buat orang tua, tetangga dan teman-temannya,” ucap dia.

Selain itu, Ridwan pun mengatakan, untuk kegiatan dia selama dua pekan kedepan akan diisi oleh teleteleconference. Kegiatan publik di Gedung Sate dikurangi.

“Sama MUI sudah ada imbauan selain doa berserah diri, sama beribadah, karena kalau stres turun, kekebalan meningkat. Yang kedua kurangi kegiatan keagamaan yang bersifat massal audah disampaikan sama MUI,” tutur dia.***

sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-01351516/sekolah-di-jawa-barat-diliburkan-karena-ancaman-corona-ridwan-kamil-kurikulum-khusus-telah-disiapkan

Comments

comments

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.