Visi, Misi dan Tujuan Sekolah

Visi

“Terwujudnya insan pembelajar yang berakhlakul karimah, sehat, cerdas dan memiliki daya saing tinggi”

Misi

  • Meningkatkan pembinaan dan pengamalan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  • Mengembangkan lingkungan sekolah yang sehat, bersih, rapih, tertib, aman dan nyaman
  • Meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan, serta akuntabilitas sekolah sebagai pusat pengembangan pendidikan berdasarkan standar nasional.
  • Membangun watak dan kepribadian warga sekolah yang jujur, disiplin, bertanggung jawab dan berwawasan kebangsaan.
  • Membangun kualitas dan kuantitas lulusan yang diterima diperguruan tinggi terbaik.
  • Meningkatkan kualitas dan daya saing melalui penguasaan dan penerapan ICT.
  • Memberdayakan peran serta stakeholders dalam penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas berdasarkan prinsi Manajemen Berbasis Sekolah.

Tujuan Pendidikan Menengah

  • Meningkatkan pengetahuan Peserta Didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu, teknologi dan kesenian.
  • meningkatkan kemampuan Peserta Didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitarnya.

Tujuan Sekolah

Foto : Disela sesi foto bersama dengan BABINKANTIBNAS Polres Cianjur setelah Upacara Apel Perdana awal semester genap Tahun Pelajaran 2016 – 2017

Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Secara lebih rinci tujuan SMA Negeri 2 Cianjur adalah sebagai berikut:

  1. Menyediakan sarana prasarana pendidikan yang memadai.
  2. Melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien, berdasarkan semangat keunggulan lokal dan global.
  3. Meningkatkan kinerja masing-masing komponen sekolah (Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik, Karyawan, Peserta Didik dan Komite Sekolah) untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan yang inovatif sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) masing-masing.
  4. meningkatkan program ekstrakurikuler yang wajib maupun yang tidak agar lebih efektif dan efisien sesuai dengan bakat dan minat peserta didik sebagai salah satu sarana pengembangan diri peserta didik.
  5. Mewujudkan peningkatan kualitas lulusan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang seimbang, serta meningkatkan jumlah lulusan yang melanjutkan ke perguruan tinggi.
  6. Menyusun dan melaksanakan tata tertib dan segala ketentuan yang mengatur operasional warga sekolah.
  7. meningkatkan kualias semua Suber Daya Manusia (SDM) baik tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik yang dapat berkompetisi baik lokal maupun global.