Materi Ajar

Tahun ajaran baru merupakan awal yang bagus mempersiapkan diri untuk memulai kembali pembelajaran pada tahun ajaran berjalan mendatang. Tahap  pertama  dalam  pembelajaran  yaitu  perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).silabus dan rpp kurikulum 2013

RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru. RPP mencakup: (1) identitas sekolah/madrasah, mata pelajaran, dan kelas/semester; (2) alokasi waktu; (3) KI, KD, indikator pencapaian kompetensi; (4) materi pembelajaran; (5) kegiatan pembelajaran; (6) penilaian; dan (7) media/alat, bahan, dan sumber belajar.

Setiap guru di setiap satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP untuk kelas di mana guru tersebut mengajar (guru kelas) di SD/MI dan untuk guru mata pelajaran yang diampunya untuk guru SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK. Pengembangan RPP dilakukan sebelum awal semester atau awal tahun pelajaran dimulai, namun perlu diperbaharui sebelum pembelajaran dilaksanakan.

Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau berkelompok di sekolah/madrasah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala sekolah/madrasah.

Pengembangan RPP dapat juga dilakukan oleh guru secara berkelompok antarsekolah atau antarwilayah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh dinas pendidikan atau kantor kementerian agama setempat.

Sesuai dengan Permendikbud No.103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, prinsip penyusunan RPP adalah sebagai berikut :

  1. Setiap RPP harus secara utuh memuat  kompetensi  dasar sikap  spiritual (KD  dari  KI-1), sosial (KD dari KI-2), pengetahuan (KD dari KI-3), dan keterampilan (KD dari KI-4).
  2. Satu RPP dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
  3. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
  4. Berpusat pada peserta didik
  5. Berbasis konteks
  6. Berorientasi kekinian
  7. Mengembangkan kemandirian belajar
  8. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran
  9. Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antar kompetensi dan/atau antar muatan
  10. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Berikut ini adalah RPP Kurikulum 2013 yang bisa dijadikan rujukan dalam penyusunan RPP mata pelajaran :

  • Komponen dan Sistematika RPP (unduh)