Bagi warga SMAN 2 Cianjur, hari Jumat merupakan salah satu hari untuk pelaksanaan penguatan pendidikan karakter.  Bentuk pelaksanaan bersifat rutin yang melibatkan seluruh warga sekolah.

Pada pukul 6.45, semua warga sekolah berkumpul dan duduk di lapangan sekolah. Tujuannya untuk memulai hari dengan kegiatan berdoa bersama, diikuti mengumandangkan asmaul husna. Selanjutnya diadakan kegiatan membaca Yasin bersama.

Untuk menyejukkan hati, warga sekolah menerima Kultum yang disajikan oleh siswa dari perwakilan kelas. Materi Kultum disesuaikan dengan kalender keagamaan yang terkait dalam kehidupan nyata. Misalnya pada Jumat ini dibahas tentang pelaksanaan ibadah Haji dipandang dari kesiapan materi dan tenaga.  Tenaga menjadi  bagian dari kajian karena untuk berhaji memerlukan kekuatan fisik yang luar biasa. Sebagai contoh menghadapi udara ekstrim yang terjadi di tanah suci, juka badan tidak fit, niscaya ibadah terganggu.

Kegiatan ini  berakhir pada pukul 7.15. Selanjutnya para siswa masuk kelas dan jam pertama dimulai.

Bagi siswa non muslim disediakan pula kegiatan keagamaan sesuai agamanya.

Salah satu kegiatan diantaranya untuk para siswa Kristiani. Penguatan karakter dan keimanan terhadap agama yang dianutnya  dibimbing oleh lbu Siti Manur Gurning. Jangan terkecoh dengan nama, lbu Siti Manur Gurning beragama Kristen sehingga beliau menjadi pembimbing bagi siswa non muslim.

Kegiatan rutin yang dilakukan untuk penguatan karakter keimanan dan ketakwaan menjadi bagian penting dalam penguatan kegiatan baik yang sebelumnya telah dilaksanakan secara rutin di SMAN 2 Cianjur.

Dengan menjadi sekolah rujukan, SMA melaksanakan kegiatan berbasis agama dengan tanggung jawab yang semakin ditingkatkan. Pengontrolan dengan menggunakan daftar hadir dan catatan materi kuliah tujuh menit menjadi penanda keseriusan pelaksanaannya.

Sumber : Badriah, M.Pd. (Guru Bahasa Inggris SMAN 2 Cianjur)

 

Comments

comments

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.