Pramuka SMAN 2 Cianjur Terapkan Konsep Urban Scouting di Barakutikrenaka 6

CIANJUR – Gerakan Pramuka SMA Negeri 2 Cianjur terapkan konsep Urban Scouting dalam kegiatan lomba Barakutikrenaka 6 untuk mendongkrak kreatifitas Pramuka Penggalang di Kwartir Cabang Cianjur. Kegiatan yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Cianjur dan sekitar Kwartir Ranting Cianjur ini akan digelar pada 9 sampai 11 Februari 2018.

Kak Khoirul Insan Ketua Sangga Kerja Barakutikrenaka 6 berharap, dengan diterapkannya konsep Urban Scouting dalam kegiatan ini bisa menjadikan Pramuka di Cianjur lebih maju serta aktif dalam mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya dalam penggunaan teknologi, sehingga kontribusi dan peran Pramuka bisa dirasakan oleh masyarakat.

Selain itu, konsep Urban Scouting dipakai sebagai langkah untuk mempersiapkan anggota Gerakan Pramuka dalam menjawab tantangan kehidupan di masa yang akan datang yang syarat akan kreatifitas dan inovasi, terutama dalam lapangan pekerjaan.

“Kami ingin membangun manusia yang siap menjawab tantangan global. Penggunaan teknologi, kreatifitas dan inovasi menjadi syarat utama untuk menjawab tantangan tersebut. Untuk itu, kami menerapkan konsep Urban Scouting sebagai langkah untuk adaptasi pada perkembangan zaman, kami melihat semakin hari lapangan pekerjaan semakin sulit didapatkan, untuk itu kita perlu mencari jalan keluarnya, terutama bagi anggota Pramuka,” tandas Kak Khoirul Insan, Jumat (05/1/2018).

Kegiatan lomba yang digelar bagi Pramuka Penggalang se-Kwartir Cabang Cianjur ini terdiri dari beberapa perlombaan, yaitu Miniatur Pionering, Urban Scouting, Lomba Variasi Kreasi Baris-berbaris Tongkat, Cerdas Cermat, Putra Putri Pramuka, dan Rangking Satu. Dalam pelaksanaan lomba-lomba tersebut diterapkan penggunaan teknologi yang memungkinkan untuk digunakan oleh anak-anak usia SLTP. Selain lomba diatas Barakutikrenaka 6 juga akan diwarnai dengan beberapa lomba tambahan seperti lomba Media Sosial, lomba Video Testimoni, lomba Flashmob dan Sayembara Maskot Barakutikrenaka 6.

Perwakilan Ikatan Alumni Pramuka SMAN 2 Cianjur, Kak Romy Rizka Kustanto menyampaikan, Kegiatan Barakutikrenaka 6 ini sepenuhnya didukung oleh para alumni, baik dari segi materi maupun nonmateri. “Kita akan dukung penuh kegiatan Barakutikrenaka 6 baik materi maupun nonmateri, karena menjadi kepuasan tersendiri bagi kami, ketika kegiatan ini bisa terlaksana dengan sukses,” katanya. ( RAI/PND )

sumber : https://pramukapos.com/barakutikrenaka-barakutikrenaka/pramuka-sman-2-cianjur-terapkan-konsep-urban-scouting-di-barakutikrenaka-6.html 

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *