SMAN 2 Cianjur Budayakan Gerakan Literasi di Sekolah

POJOKJABAR.com, CIANJUR – SMAN 2 Cianjur menyelenggarakan program gerakan literasi. Program tersebut merupakan salah satu program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang kemudian ditindak lanjuti di tingkat provinsi dan dilaksanakan di sekolah.

Gerakan literasi dilaksanakan untuk meningkatkan minat baca di kalangan siswa yang hari ini cenderung menurun. Hal itu pula yang mendasari pihak sekolah membuat Gerakan Literasi.

 “Jika berbicara konsep pemahaman materi siswa, hal pertama dilihat adalah membaca, mendengar dan melihat. Dengan adanya program ini, minat baca siswa dapat meningkat. Sehingga pemahaman dan penguasaan materi semakin bertambah,” kata Kepala SMAN 2 Cianjur, Agam Supriyatna.

Selain itu, masih kata Agam, untuk minat baca tak hanya di dorong melalui buku pendukung mata pelajaran di perpustakaan saja, melainkan dengan buku pendukung materi umum yang sifatnya bermanfaat bagi anak.

Pria asal Yogyakarta itu menambahkan, khusus untuk Gerakan Literasi di SMAN 2 Cianjur, diberi waktu 30 menit dalam literasi pertama, dibawah bimbingan guru pada jam pertama pelajaran. Selain itu, siswa juga diberi waktu untuk membaca Asmaul Husna, Surat Yasin dan bacaan islami lainnya di waktu tertentu.

“Siswa juga bisa membaca buku yang disediakan di pojok perpustakaan kelas. Mudah-mudahan untuk kedepannya siswa dapat membuat resume tentang buku yang dibaca, sehingga tak hanya membaca tetapi siswa dapat menyimpulkan makna yang ada di dalam buku yang sudah dibaca,” pungkas Agam. (radar cianjur/riz/lan)

sumber : http://jabar.pojoksatu.id/cianjur/2017/09/19/sman-2-cianjur-budayakan-gerakan-literasi-di-sekolah/

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *