Bandung, (FIN)- Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, bahwa kebijakan serta alih kelola SMA dan SMK oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dipastikan akan dilakukan pada 1 Januari 2017 mendatang. “Pemetaan aset, SDM guru, dan hal lain yang terkait pengalihkelolaan yang lantas menjadi pedoman tertulis. Sosialisasi pun sudah dilakukan pada seluruh kepala dinas serta pengawas sekolah,” ujarnya.

Menurutnya gubernur juga sudah melaporkan pada Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Keuangan bahwa Jabar siap melakukan alih kelola. “Tadinya 2016 tapi pusat mengarahkan 1 Januari 2017,” katanya.

Karena itu, waktu yang ada dipakai kembali pihaknya untuk melakukan pemetaan dan pendataan terutama wilayah yang belum memiliki bangunan sekolah SMA/SMK baik negeri maupun swasta. Dari pendataan tercatat masih ada 126 kecamatan yang belum memiliki sarana prasarana tersebut. “Rata-rata di daerah Jabar Selatan dan pantai utara,” ujarnya.

“Yang diutamakan di kecamatan yang belum ada SMA/SMK, pembangunan ini nantinya akan membuat pemerataan,” kata Iwa, Jumat, 30 September 2016 di Gedung Sate.

Guru SMA dan SMK akan jadi pegawai Pemprov

Sementara itu, Kadisdik Jabar, asep Hilman menyatakan, bahwa Alih kelola SMA/SMK, sejalan dengan UU Nomor 23 Tahun 2014, guru SMA/SMK kini menjadi Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Menurut Asep, dalam rangka pengalihan pengelolaan SMA/SMK, termasuk di dalamnya pengalihan pengelolaan tenaga kependidikan, landasan hukum sebagai rujukan adalah PP 18 Tahun 2016. Sejalan dengan UU tersebut, terlebih dahulu disiapkan SOTK. Ujarnya.

“Dalam waktu dekat ini, akan dilakukan langkah koordinasi dengan Kabupaten/Kota. Rencananya, dalam rakor tersebut akan disampaikan kebutuhan mendesak, termasuk kebijakan perencanaan dan penganggaran,” jelas Asep.

Untuk sistem pendataan,lanjut Asep, mulai pendataan tenaga pendidikan serta aset yang diserahterimakan akan menggunakan teknologi terbaru, tentunya menggunakan teknologi informasi canggih. Ujarnya.

sumber: http://www.faktaindonesianews.com/pendidikan/1977/sekda-jabar-alih-kelola-sma-dan-smk-oleh-provinsi-mulai-januari-2017.html

Comments

comments

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.